Pages

  • Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • RSS Feed

Senin, 24 Desember 2012

Kehebatan Sholat Tahajud atau Sholat Malam

Tidak ada komentar:
 
SHALAT TAHAJUD itu adalah Shalat Sunah Mu'akad, yaitu Sunah yang Sangat dianjurkan. Dikerjakan malam hari antara Waktu Isa hingga Subuh. Kemudian dikerjakan setelah kita tertidur (Ada juga yang bilang tidak perlu tidur dulu.... Ya itu terserah keyakinan kita).

Nah, syarat- syarat agar do'a kita terkabulkan dengan shalat tahajud adalah:

- Rutin dilakukan, bukan cuma semalam doang
- Istiqomah dalam berusaha, jangan mudah menyerah
- Sabar, bukan berarti malam kita minta, besok pagi sudah ada

Keutamaan Sholat Tahajud
Berdasarkan hadist Rasulullah Muhammad saw, sholat tahajud memiliki 9 keutamaan, yang terbagi menjadi 5 keutamaan di dunia dan 4 keutamaan di akhirat kelak. Hadist yang menjelaskan keutamaan sholat tahajud adalah: “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun 5 keutamaan sholat tahajud di dunia adalah:
- Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
- Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
- Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
- Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
- Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Selain 5 keutamaan di dunia, sholat tahajud juga memiliki 4 keutamaan di akhirat kelak. Keutamaan sholat tahajud di akhirat kelak adalah:
-Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
-Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
-Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar  yang menyambar.
-Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Tata Cara Sholat Tahajjud
Pada dasarnya, gerakan atau tata cara sholat tahajud pun tidak berbeda dengan sholat-sholat sunnah yang lain: berwudhu, niat melakukan sholat sunnah tahajud, kemudian melakukan gerakan sholat seperti biasa mulai dari takbir hingga salam. Biasanya selalu dilakukan dengan 2 rokaat-2 rokaat (setiap 2 rokaat salam). Pada rokaat pertama setelah takbir membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjjutkan dengan surah lainnya. Pada rokaat kedua pun sama, membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan surah lainnya (yang kita hafal).

Perbedaannya hanyalah terletak pada niatnya saja. Karena untuk mengerjakan sholat tahajud tentu saja niatnya adalah mengerjakan sholat tahajud, bukan niat untuk mengerjakan sholat yang lain.

Jadi berkaitan dengan pertanyaan “bagaimana niat sholat tahajud?”, maka jawabannya adalah berniat di dalam hati untuk mengerjakan sholat sunnah tahajud. Sedangkan masalah “Lafadz niatnya”, hal itu tidak ditentukan, karena tidak ada dalil yang memperkuat atau menerangkannya.

Setelah selesai mengerjakan shalat Tahajjud, perbanyaklah membaca istigfar dan dzikir kepada Allah SWT serta memohon kepada-Nya, kemudian membaca doa sesuai keinginan kita.

source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7515779

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© 2012. Design by Main-Blogger - Blogger Template and Blogging Stuff